Kamis, 24 Juni 2010

Profil Program PAMSIMAS

Program WSLIC-3/Pamsimas merupakan salah satu program dan aksi nyata pemerintah (pusat dan daerah) dengan dukungan Bank Dunia untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lain yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

Ruang lingkup kegiatan program Pamsimas mencakup 5 (lima) komponen kegiatan:

  1. Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan Lokal;
  2. Peningkatan Kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Pelayanan Sanitasi;
  3. Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Umum;
  4. Insentif Desa/kelurahan dan Kabupaten/kota; dan
  5. Dukungan Pelaksanaan dan Manajemen Proyek.

Program Pamsimas dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat melalui pelibatan seluruh masyarakat (perempuan dan laki-laki, kaya dan miskin, dll.) dan pendekatan yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat (demand responsive approach).

Kedua pendekatan tersebut dilakukan melalui proses pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan prakarsa, inisiatif, dan partisipasi aktif masyarakat dalam memutuskan, merencanakan, menyiapkan, melaksanakan, mengoperasikan dan memelihara sarana yang telah dibangun, serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan di masyarakat dan lingkungan sekolah.




Sumber: Pedoman Pengelolaan Program PAMSIMAS, Kementrian PU.



1 komentar:

  1. Casino Games Near NYC (New York) | Mapyro
    Mapyro, Inc. is a developer 강릉 출장샵 and operator of electronic games, video poker, 하남 출장샵 and bingo tables. 춘천 출장마사지 The company was founded in 1994 경상북도 출장샵 and is part of The 정읍 출장마사지 Game

    BalasHapus